Selasa, 05 Januari 2010

KALTIM AKAN JADI TUAN RUMAH PENAS KTNA

Samarinda, - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan menjadi tuan rumah Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XIII. Kegiatan nasional itu akan digelar pada Juli 2011 yang dipusatkan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Pengurus KTNA Pusat memang menunjuk Kaltim sebagai tuan rumah yang akan dipusatkan di Kabupaten Kukar,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kaltim, Yadi Sabianoor di Samarinda, baru-baru ini.

Menurutnya, dipilihnya Kukar sebagai tuan rumah Penas XIII, salah satunya adalah berdasarkan aspirasi masyarakat khususnya petani dan nelayan yang ada di daerah itu yang sangat besar berkeinginan menjadi tuan rumah. Selain Kukar juga memiliki lahan pertanian yang cukup luas.

Hal lain yang mendukung Kukar menjadi tuan rumah adalah lengkapnya sarana dan prasarana yang tersedia. ”Disamping itu, yang terpenting adalah Pemkab Kukar telah berpengalaman melaksanakan berbagai event nasional dan internasional,” ujarnya.

Dikatakan, rencananya pembukaan Penas KTNA akan dilakukan Presiden SBY pada Juli 2011. Sementara yang hadir antara lain sejumlah pejabat tinggi negara, gubernur, bupati, walikota, serta Ketua DPRD se- Indonesia.

Bahkan sejumlah duta besar negara sahabat juga diundang untuk menghadari pertemuan dalam rangka meningkatkan produksi pangan tersebut.

Saat pelaksanaan nanti, lanjutnya, akan diwarnai berbagai kegiatan selama sepekan. Mulai dari pameran, workshop, seminar hingga lomba yang semuanya berkaitan dengan prestasi yang telah dicapai petani dan nelayan se- Indonesia.

Dari adanya pameran dan pertemuan itu, diharapkan daerah lain yang sudah maju pertanian dalam arti luas bisa menularkan ilmunya ke daerah lain. Begitu pula daerah yang pertaniannya masih terasa kurang bisa antusias belajar. ”Jumlah peserta yang akan menghadiri Penas nanti sekitar 30 ribu orang,” kata Yadi Sabianoor. ()

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar