Selasa, 05 Januari 2010

KALTIM SEDIKITNYA MILIKI 56 OBYEK WISATA

Samarinda, - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sedikitnya memiliki 56 jenis obyek wisata, baik wisata alam yang dibaur dengan budaya daerah, wisata keraton, wisata sejarah, wisata laut dan berbagai jenis wisata menarik lainnya.

56 obyek wisata di Kaltim itu tersebar di sejumlah kabupaten dan kota, antara lain di Kabupaten Kutai Barat terdapat tujuh obyek yang meliputi Danau Jempang, Taman Anggrek Kersik Luway, Air Terjun Jentur Gemuruh, Lamin adat di Desa Tering dan sejumlah obyek lainnya.

“56 obyek wisata itu adalah jumlah minimal, karena masih banyak lagi obyek wisata alam menarik yang terus dikembangkan oleh masing-masing kabupaten dan kota di Kaltim,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim, Firminus Kunum baru-baru ini.

Kemudian, lanjutnya, di Samarinda juga ada tujuh obyek wisata yang meliputi Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS), Kawasan Wisata Desa Budaya Pampang, Upacara Pelas Tahun, Air Terjun Tanah Merah, Masjid Raya Darussalam, Tepian Mahakam dan lokasi kerajinan Sarung Samarinda.

Selanjutnya di Kabupaten Kutai Timur terdapat empat lokasi obyek wisata bahari dan wisata alam, yakni Pantai Pangandaraan, Goa pangandaran, Goa Gunung Kombeng, dan kawasan Wisata Desa Maiau Baru.

Untuk Kabupaten Malinau sedikitnya memiliki dua obyek wisata, yakni Air Terjun Marthin Billa dan Air Terjun Semolon. Selain dua obyek wisata tersebut, di daerah itu juga terdapat sejumlah lamin tua dan berbagai kegiatan adat dan budaya di masing-masing desa atau kecamatan.

Sedangkan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sedikitnya terdapat tiga obyek wisata, yakni Pantai Tanjung Jumelai dan Pulau Kwangen. Keduanya terletak di Kecamatan Penajam. Selain itu ada lokasi penangkaran rusa yang terletak di Kecamatan Waru.

Kemudian di Kabupaten Berau terdapat lima obyek wisata keraton dan wisata bahari, antara lain Kerajaan Gunung Tabur, bekas Keraton Samba Liung dan Makam Raja. Kemudian ada juga Pulau Derawan yang sudah terkenal keindahannya, Pulau Sangalaki dan sejumlah pulai kecil lainnya.

Untuk Kota Bontang sedikitnya memiliki tiga obyek wisata, yakni Pulau Beras Beras Basah yang lokasinya berdekatan dengan pabrik LNG, kemudian obyek wisata pemukiman warga di atas air laut Bontang Kuala dan obyek wisata Padang Golf Hotel Bintang Sintuk.

“Selanjutnya di Balikpapan ada 10 lokasi wisata, Kutai Kartanegara ada enam lokasi, Bulungan ada dua, Tarakan ada enam, Kabupaten Paser ada lima, dan di Kabupaten Nunukan ada tiga obyek wisata. Jumlah ini belum termasuk wisata budaya,” kata Kunum.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar