Selasa, 05 Januari 2010

WARMASIF SEDIAKAN BUKU DIGITAL GRATIS

Samarinda, - Warung Masyarakat Informasi (Warmasif) Indonesia yang dikelola Depkominfo kerjasa sama dengan Diskominfo dan Kantor Pos di daerah menyediakan berbagai buku digital untuk pelajar dan masyarakat secara gratis.

”Berbagai jenis buku mata pelajaran untuk SD hingga SMA atau yang sederajat, bahkan untuk mahasiswa dan masyarakat juga ada. Semuanya bisa diakses secara gratis di web warmasif.co.id,” kata Kepala Bidang Perekonomian, Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo), Hafni Setiana Nur Endah saat berkunjung ke Kaltim tak lama lalu.

Dikatakan, sedikitnya terdapat 407 judul buku sekolah elektronik untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Semua buku tersebut bisa diakses secara online dimana saja dan kapan saja sepanjang ada jaringan internet.

Namun, bagi pelajar atau masyarakat umum yang merasa biaya masuk Warung Internet (Warnet) di masing-masing daerah mahal, maka bisa datang ke kantor pos setempat, pasalnya di kantor pos telah mengelola Warnet Warmasif yang biayanya jauh lebih murah.

Saat ini, Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) telah membangun 78 titik Warmasif yang tersebar di kabupaten dan kota di Indonesia. Berdirinya Warmasif Indonesia ini hasil kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), serta Kantor Pos di masing-masing daerah.

Hingga kini, lanjutnya, Warmasif bergerak di tiga bidang layanan, yakni kesehatan, UKM dan layanan perpustakaan digital. Diharapkan dari adanya tiga layanan utama ini, masyarakat bisa memanfaatkan Warmasif demi untuk meningkatkan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan.

Di bidang kesehatan, terdapat berbagai informasi yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan, antara lain Posyandu, klinik, Puskesmas, rumah sakit, apotik, Palang Merah Indoensia (PMI), asuransi kesehatan, dokter praktek dan berbagai jenis kesehatan lain.

Bidang perpustakaan gigital, tersedia beragam informasi berkaitan dengan ilmu pengetahuan dari berbagai sumber informasi, antara lain dari perpustakaan daerah, perpustakaan universitas, dan sejumlah sumber ilmu pengetahuan lain.

Kemudian di bidang UKM, Warmasif menjadi sarana untuk bertransaksi secara online, baik untuk pembelian atau sarana untuk mempromosikan dan menjual hasil produksi pelaku usaha kecil. Harapannya adalah agar produk UKM bisa dikenal secara luas dari promosi secara online itu.

Di konten pendidikan, selain menyediakan buku digital online, Warmasif Indonesia juga menyediakan VCD tentang proses pembuatan berbagai makanan, proses pembuatan berbagai bentuk kerajinan, pendidikan tentang pertanian dalam arti luas, sejumlah teknik dan keterampilan lain.()

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar