Rabu, 30 Desember 2009

KALTIM BANTU PERALATAN NELAYAN DI DAERAH

Samarinda,- Demi meningkatkan hasil tangkapan ikan para nelayan yang ada di kabupaten/kota, maka Pemprov Kaltim memberikan bantuan sejumlah peralatan untuk mencari ikan, mulai alat tangkap hingga kapal untuk melaut.

”Bantuan peralatan untuk nelayan ini kami berikan sebagai upaya kita dalam memotivasi para nelayan sekaligus demi meningkatkan hasil tangkapan ikan,” kata Hairani Saleh, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim di Samarinda, Selasa (15/12).

Bantuan yang diberikan itu antara lain berupa mesin ketinting sebanyak 25 unit yang diberikan untuk nelayan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Di kabupaten ini terdapat 10 nelayan mendapat bantuan. 10 nelayan ini tergabung dalam Kelompok Mahakam Permai.

Selanjutnya adalah nelayan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendapat lima unit speed boat, nelayan dari Kabupaten Kutai Barat mendapat empat unit, nelayan dari Kabupaten Kutai Timur mendapat tiga unit, dan nelayan di Kabupaten Paser mendapat tiga unit speed boat.

Bantuan yang diberikan bersamaan dengan peringatan Hari Nusantara ke- 10 Tingkat Kaltim pada 15 Desember ini juga ada dua kabupaten yang mendapat 10 unit alat bagan tancap. 10 unit itu diberikan kepada Kukar sebanyak lima unit dan Kabupaten PPU sebanyak lima unit.

Selain itu juga ada 20 unit alat tangkap bubu yang diberikan kepada dua kelompok nelayan yang ada di Kabupaten Tana Tidung. Dua kelompok nelayan itu adalah Kelompok Pagunyana Desa Sepala dan Kelompok Mandiri Taka yang juga berada di Desa Sepala.

Pemprov Kaltim juga memberikan alat tangkap gill net sebanyak 15 unit kepada Kelompok Sinar Rejeki yang berada di Desa Jantur Utara, Kabupaten Kukar. Di samping juga alat tangkap rumpon sebanyak 10 unit untuk Kelompok Rumpon Sejati di daerah itu.

Kemudian untuk menjalankan sejumlah kapal buatan masyarakat setempat yang belum memiliki mesin kapal, maka Pemprov juga memberikan mesin kapal sebanyak tiga unit kepada nelayan yang tergabung dalam Kelompok Sumber Daya Ikan di Kukar.

Pemprov juga memberikan bantuan sebanyak 6 kapal untuk Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Perikanan yang berada di Kabupaten Kukar, Kutai Timur dan Kota Samarinda. Ada juga dua unit speed boat untuk PPL di Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Paser.

”Kami juga memberikan bantuan kepada PPL Perikanan sebanyak 24 unit sepeda motor. Ke 24 Sepeda motor ini untuk PPL Perikanan yang berada di semua kabupaten dan kota di provinsi ini,” kata Haerani Saleh.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar