Rabu, 30 Desember 2009

PPU BANGUN SEKOLAH TERPADU SENILAI RP43 MILIAR

Samarinda,- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus memacu peningkatan mutu pendidikan di daerah itu. Ini karena pendidikan merupakan modal utama dalam meraih masa depan lebih baik.

”Tidak mungkin masa depan seseorang ata suatu daerah, bahkan masa depan bangsa bisa diraih dengan gemilang jika mutu SDM-nya rendah,” kata Kepala Disdik Kabupaten PPU, Rahman Nurhadi di Penajam, Kamis (17/12).

Berdasarkan hal itu, maka pihaknya terus meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus mutu pendidikan. Di antaranya yakni dengan mendirikan lagi atau menambah jumlah sekolah terpadu yang pembangunannya tuntas pada 2010.

Sekolah terpadu yang berdiri di Penajam Ibukota PPU ini berdiri di atas lahan seluas 5 hektare. Sementara perkiraan biaya yang akan dihabiskan untuk menuntaskan pembangunannya senilai Rp43 miliar.

”Namanya juga sekolah terpadu, tentu saja di lokasi itu akan berdiri SD, SMP dan SMA. Diharapkan pengelolaan sekolah terpadu nanti semua manajemen di sekolah masing-masing bisa bekerjasama dan saling menjaga,” katanya.

Untuk sekolah kejuruan, lanjutnya, saat ini pihaknya juga tengah membangun sekolah agrobisnis, yakni SMKN 3 Unggulan. Saat ini sekolah tersebut sudah menjalani proses belajar mengajar meski belum semua ruang kelas yang direncanakan terbangun.

SMKN 3 Unggulan ini sudah dua tahun lalu dibuka, sedangkan program keahlian yang sudah dibuka adalah Kultur Jaringan dan Budidaya Tanaman khususnya perkebunan sawit. Ke depan akan dibuka lagi program keahlian baru, terutama yang sesuai dengan permintaan pasar kerja di daerah.

”Sekolah ini berdiri di atas lahan seluas 4 hektare, sedangkan berdasarkan desain yang ada, total anggaran yang dibutuhkan hingga pembangunannya tuntas adalah senilai Rp36 miliar,” katanya.

Pihaknya juga berencana studi banding ke Kabupaten Paser, tepatnya ke SMKN 2 Tanah Grogot karena di sekolah itu telah lebih dulu membuka program budidaya tanaman, khususnya sawit yang dinilai berhasil oleh banyak pihak.

”Kami juga membuka jurusan Teknologi di SMKN 2 Penajam, program keahliannya antara lain Teknik Pendingin, Kompresor, Teknik Elektronika, Teknik Listrik dan program keahlian Tata Boga,” demikian Rahman Nurhadi.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar