Rabu, 30 Desember 2009

LAN AKAN BUKA SEKOLAH TINGGI DI KALTIM

Samarinda, - Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada 2010 akan membuka Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) di Kaltim. Sekolah tinggi tersebut akan memiliki empat program pendidikan, yakni D3, S1, S2 dan program khusus.

”Untuk program khusus yang akan dibuka LAN adalah program yang disesuaikan dengan kebutuhan instansi sebagai klien,” kata Kepala Pusat Lembaga Admistrasi Negara, Kaltim, Meiliana saat ditemui usai sosialisasi tentang STIA LAN di hadapan prajurit Korem 091/ASN di Aula Korem Samarinda, Rabu (25/11).

Sedangkan untuk program S2, lanjutnya, memiliki tiga jurusan, yakni manajemen pembangunan daerah, menajemen sumber daya manusia, dan manajemen ekonomi pembangunan.

Sama dengan S2, S1 juga memiliki jurusan yang sama. Sedangkan untuk program pendidikan D3 memiliki tiga jurusan berbeda, yakni administrasi keuangan, administrasi perkantoran dan administrasi kepegawaian.

Selama ini, lanjutnya, STIA LAN hanya ada di tiga daerah, yakni di Jakarta sebagai STIA LAN Pusat, kemudian di Bandung dan yang ketiga adalah di Makassar. Di Samarinda - Kaltim merupakan STIA yang keempat. Sementara dalam pendirian STIA LAN di Samarinda akan bekerja sama dengan STIA LAN Makassar.

Di samping membuka program pendidikan, lanjutnya, STIA LAN juga menjalankan tiga kegiatan utama, yakni pelatihan, penelitian dan pembangunan, serta pengabdian. Pelatihan yang dilakukan antara lain manajemen strategis, manajemen proyek, pengawasan DPRD dan sejumlah kegiatan lainnya.

Sementara kegiatan penelitian dan pembangunan yang dijalankan antara lain pemetaan kompetensi, standar pelayanan, pengembangan administrasi pemerintahan, dan penataan kelembagaan pemerintahan.

Sedangkan pengabdian yang dilakukan antara lain pembinaan, administrasi pemerintahan, pembinaan sistem informasi pemerintahan, fit and proper test, dan tes penerimaan calon pegawai negeri sipil.

Menurutnya, kiprah STIA LAN selama ini tidak diragukan, pasalnya pengalaman sudah lebih dari 47 tahun dalam mendidik pegawai negeri, BUMN/ BUMD, TNI, Polri dan anggota DPR serta anggota DPRD di masing-masing daerah.

”Keunggulan lainnya adalah STIA LAN merupakan komunitas ilmiah sehingga mahasiswa dari berbagai instansi sipil dan militer berkesmpatan bertukar ide dan informasi. Selain itu, ijazah dari STIA juga bisa untuk pengembangan karier dan melanjutkan pendidikan,” kata Meiliana.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar